Apa Itu Dunning Kruger Effect


Home » Blog » Apa Itu Dunning Kruger Effect

Dalam dunia psikologi yang luas, terdapat fenomena menarik yang disebut Dunning Kruger Effect. Ada sebuah kisah menarik, dari seorang perampok yang menyirami dirinya dengan perasan lemon bernama McArthur Wheeler. McArthur percaya bahwa, kandungan yang terdapat dalam cairan lemon dapat menjadikannya invisible atau tidak kasat mata, dengan kepercayaan diri akan pengetahuan tersebut, dia memberanikan diri untuk merampok sebuah bank. Namun yang menjadi masalah adalah wajah perampok tersebut terekam CCTV bank dan dengan ini polisi dengan mudah dapat meringkusnya.

Baca juga : Tips Ampuh Mengatasi Patah Hati

Kepercayaan diri perampok, memang didasari fakta bahwa air perasan lemon memang bisa berfungsi sebagai tinta tak terlihat untuk menulis di kertas. Ketidaksadaran dalam diri perampok tersebut adalah ia telah salah menafsir informasi, dengan kepercayaan diri yang tinggi, membuat si perampok melakukan hal fatal dan membawanya kedalam penjara.

Tertarik dengan kejadian ini, 2 orang alhi psikologi dari Cornell University bernama David Dunning dan Justin Kruger mempelajari fenomena tersebut. Apa yang mereka temukan ternyata membawanya kedalam banyak kasus yang serupa, akhirnya mereka menamakan temuan tersebut sebagai Dunning Kruger Effect ditahun 1999. Nama Dunning Kruger Effect sendiri merupakan nama yang terinspirasi dari masing-masing nama belakang si penemu.

Baca juga : 10 Karakteristik seorang pengusaha apakah kamu memilikinya

Memahami Diagarm Dunning Kruger Effect

Dunning dan Kruger menyebutkan bahwa apa yang mereka temukan merupakan fenomena bias kognitif. Bias kognitif adalah kecenderungan sistematis dalam berpikir yang menyebabkan kesalahan dalam penilaian, pengambilan keputusan, dan pemahaman informasi. Bias ini terjadi secara tidak sadar dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti pengalaman pribadi, emosi, motivasi, dan pengetahuan yang dimiliki.

Seperti yang terdapat dalam diagram diatas, sumbu x merupakan ukuran untuk menilai kepercayaan diri, sementara sumbu x untuk mengukur tigkat keahlian seseorang. Dari grafik diatas dapat diketahui bahwa orang dengan kepercayaan yang tinggi cenderung memiliki pengetahuan yang rendah.

Salah satu penyebab terbesar dari Dunning-Kruger Effect adalah ego. Kita tahu, setiap orang tidak ingin berpikir bahwa ia adalah orang yang tidak memiliki kemampuan. Hal ini membuat orang meningkatkan penilaian terhadap dirinya dan mengabaikan (ignorance) kelemahan diri itlah yang mendasari fenomena ini.

Berbeda dengan contoh orang pertama, orang yang cenderung memiliki kepercayaan yang rendah justru memiliki pengetahuan dan kemampuan yang lebih tinggi. Akan tetapi orang dengan tipe kedua lebih sering memandang diri mereka rendah atau yang sering disebut sebagai Impostor Syndrom.

Baca juga : 10 Tips Ampuh Mengatasi Kegalauanmu Karena Patah Hati

Ciri-ciri Orang Dengan Dunning-Kruger Effect

  • Cenderung Berlebihan Menilai Tingkat Keahliannya

Ciri Pertama dari orang yang terkena efek Dunning-Kruger ialah, memiliki keyakinan yang berlebihan terhadap kemampuan mereka. Mereka cenderung menilai diri mereka lebih pintar, lebih cakap, dan lebih mahir dari pada kenyataannya. Hal ini dapat terlihat dari pernyataan seperti “aku tu ahli dalam bidang ini tau” atau “aku tu belum pernah salah kalau ngkauin ini”.

  • Tidak Mampu Mengenali Keahlian Diri Orang Lain

Orang dengan efek Dunning-Kruger kesulitan untuk melihat dan mengakui kemampuan orang lain. Mereka meremehkan keahlian orang lain dan menganggap mereka kurang kompeten. Hal ini dapat terlihat dari pernyataan seperti “Orang lain tidak se pintar aku tahu!” Atau “Mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan”.

  • Tidak Mampu Mengenali Aspek Buruk dari Ketidakcakapannya

Orang dengan efek Dunning-Kruger tidak menyadari kekurangan dan kelemahan mereka. Mereka tidak mampu mengidentifikasi kesalahan dan kegagalan mereka. Hal ini dapat terlihat dari pernyataan seperti “Aku tidak pernah melakukan kesalahan kok” atau “Kegagalan itu bukan karena kesalahanku”.

  • Tidak Mampu Mengenali dan Mengakui Kekurangan Diri Sendiri

Orang dengan efek Dunning-Kruger tidak memiliki kesadaran diri yang baik. Mereka tidak mau menerima kritik dan masukan konstruktif dari orang lain. Hal ini dapat terlihat dari pernyataan seperti “Aku tidak memiliki kekurangan tau” atau “Kritikmu nggak benar tau”.

Baca juga : Mengenal Istilah Over Sharing

Cara Terhindar Dari Dunning Krugger Effect

  • Terus pertanyakan mengenai kompetensi dan pengetahuanmu

Kita tahu, bahkan ketika kita sudah terus belajar dan mendapatkan feedback, selalu ada kemungkinan bagi kita untuk fokus hanya pada hal-hal yang sesuai dengan pengetahuan kita. Yang menjadi persoalan adalah apakah pengetahuan tersebut terbukti kebenarannya? Ini merupakan contoh lain dari bias psikologis yang disebut Bias Konfirmasi. Nah, untuk meminimalisir hal ini, kita harus terus mempertanyakan pengetahuan dan kemampuan kita. Carilah informasi yang berlawanan dengan pengetahuan yang kita yakini, hal ini akan menimbulkan pertanyaan, “Hmm, Apa benar? Apa selama ini aku salah?” Atau dengan kata lain, kita harus melihat dari perspektif yang berbeda.

  • Terus belajar dan berlatih

Tips ke-2 agar kamu terhindar adalah dengan teruslah belajar dan mencari tahu lebih dalam. Jangan berasumsi bahwa kita sudah mengetahui segalanya. Ketika kita mendapatkan lebih banyak informasi mengenai suatu topik, kita akan menyadari bahwa masih banyak hal yang perlu dipelajari. Hal ini akan mengurangi kecenderungan untuk berasumsi bahwa kita sudah Ahli, padahal sebenarnya yang kita ketahui belum seberapa.

  • Mintalah evaluasi dari orang lain

Strategi lainnya agar tidak terkena efek Dunning-Kruger ialah dengan meminta kritik yang konstruktif dari orang lain seperti mentor, teman, atau orang-orang terdekat. Pada awalnya mungkin akan sulit bagi kita untuk menerima kritik dari orang lain, tapi feedback dari orang lain akan membuka pikiran kita dalam menilai kemampuan kita sendiri.

Baca juga : Nilai High Value Woman dari perspektif pria

Apabila kamu merasa kesulitan untuk mengatasi kebiasaan Dunning-Kruger, salah satu alternatif konsultasi yang dilakukan dapat melalui tarot. Konsultasi tarot dapat membantumu mengetahui isi dari alam bawah sadar dan apa yang sebenarnya kamu inginkan serta harapkan. Untuk itu, tunggu apalagi segera kunjungi website kami.

Tertarik Untuk Melakukan Konsultasi Tarot? Chat Saya via Whatsapp

Follow our social media :

Author : Mahesri