TOXIC FRIEND


Home » Blog » TOXIC FRIEND

toxic friend

Toxic friend atau teman beracun adalah teman yang kehadiranya membawa dampak buruk dalam karakter, psikologis dan kehidupan kita. Manusia adalah mahluk sosila yang membutuhkan orang lain untuk bersosialisasi dan berinteraksi. Dengan siapa manusia ini bersosialisasi akan mempengaruhi pola pikir, dan prilakunya. Maka pemilihan lingkungan sosial dan pertemanan yang baik sangat diperlukan untuk perkembangan pola pikir, dan karakter yang nantinya bisa memepengaruhi dan menentukan masadepanya.

Ketika kita banyak bergaul dengan orang orang sukses, maka cepat atau lembat kita akan menyerap informasi dan ilmu yang dimilikinya, Informasi dan ilmu ini akan mempengaruhi polapikir kita. Dan bukan tidak mungkin suatu saat kita akan mengikuti jejak kesuksesanya.

Untuk Anda yang malas membaca atau lebih suka melihat video tentang Toxic Friend atau teman beracun ini, anda bisa melihat videonya di sini.

Lalu seperti apa saja teman teman yang sebaiknya kita hindari

1. Teman yang suka bermain drama atau Playing Victim.
Seorang Playing Victim selalu menganggap dirinya sebagai korban, tanpa mau mengkoreksi mengapa dirinya berada dalam kondisi yang tidak beruntung atau kurang baik. Playing Victim ini sering kali menyalahkan orang lain atas keadaan yang menimpanya. Toxic friend seperti ini umumnya selalu mengharapakan dukungan dan belas kasihan dari orang orang di sekitarnya, termasuk Anda. Tanpa Anda sadari orang yang selalu menganggap dirinya sebagai korban ini akan memanfaatkan Anda secara terus menerus karena Anda memberikan dukungan dan belas kasihan, tanpa mau mengintropeksi dirinya.

2. Teman yang Bermuka Dua.
Teman yang bermuka dua ini sayang berbahaya, mereka dapat benar benar menjadi toxic friend dalam kehidupan Anda. Seseorang yang bermuka dua ini suka menceritakan keburukan orang lain kepada Anda, dan ketika anda meresponya, maka Anda akan masuk ke dalam perangkapnya dan suatu saat nanti keburukan Andapun akan diceritakan kepada orang lain. Orang seperti ini biasanya dapat berlaku sangat manis di depan, dan bisa menjelekan Anda di belakang.

3. Teman yang Iri dan Dengki.
Orang yang iri dan dengaki ini tidak suka meilhat orang lain sukses atau bahagia. Orang orang seperti ini seringkali berkata buruk ketika melihat orang lain sukses dan bahagia. Dia akan menggali dan menceritakan keburukan keburukan si sukses ini. Orang orang seperi ini tidak berpikir cara untuk menjadi sukses. BIla Anda ingin menjadi sukses, maka hindari orang orang seperti ini. Karena ketika Anda sukses, kemungkinan besar Andapun akan menjadi korban dari sikap iri dengkinya.

4. Taman yang Negatif Thinking atau berpikiran negatif dan Pesimis
Seseorang yang selalu berpikir negatif dan pesimis akan merasa semua sulit untuk dilakukan. Orang seperti ini bisanya takut untuk maju dan menerima tantatangan baru selama hidupnya. Sehingga hidupnya seingkalu stuckdan sulit untuk berkembang. Bayangkan bila Anda sering bergaul dan berkomunikasi dengan orang yang seperti ini, Ketika Anda memiliki atau ingin menjalankan sebuah proyek besar dan penuh tantangan, orang seperti ini justru bisa menggagalkan rencana atau proyek anda karena pikiran pikiran negatif dan pesimisnya. Bukanya mendapat dukungan Anda justru akan mendapat pengaruh dari negatif darinya. Itu mengapa teman seperti ini bisa menjadi toxic friend.

5. Teman yang Rewel
Orang yang rewel ini seringkali mengeluhkan apa saja yang diberikan dan didapatkanya. Orang seperti ini selau tidak puas meskipun sudah mendapatkan yang terbaik. Teman yang seperti ini bisa benar benar menjadi toxic friend karena selalu merasa kurang. Apapun yang anda lakukan untuk membantunya masih saja tidak cukup.

6. Teman yang terlalu Sensitif dan gampang Baper
Teman yang terlalu sensitif atau gampang baper ini bisa membuat anda lelah dan serba salah. Orang seperti ini mudah tersinggung atau terluka mendengar saran dan kritik meskipun saran atau kritikan itu untuk membangun dan meningkatkan kualitas dirinya. Jangankan kritk dan saran, mendengar candaan saja orang ini bisa tersinggung. Ketika menemukan teman yang seperti ini kita akan menjadi serba salah dan kurang nyaman.

7. Teman yang Egois
Orang yang egois hanya akan memperdulikan perasaan dan dirinya saja. Ketika seorang egois bertindak atau mengambil sebuah keputusan, Dia tidak akan mempertimbangkan perasaan atau kebutuhan orang lain, termasuk Anda. Dia hanya akan berfokus pada kepentinganya saja.

8. Teman yang Narsis (NARCISSITIC PERSONALITY DISOREDER)
Narcissitic Personality Disoreder atau seringkali disebut NPD adalah sebuah gangguan mental. Orang orang NPD ini menganggap dirinya lebih penting dari orang lain. Orang ini selalu membutuhkan pujian dan pengakuan dari orang orang disekitarnya. selian itu orang dengan gangguan NPD juga suka melebih lebihkan pencapaian dan bakatnya, sehingga orang ini merasa dirinya istimewa dan bersikap arogan. Padahal pencapaian yang dilakukanya tidak sesuai dengan apa yang di katakanya. Orang dengan gangguan NPD ini juga bisa menjadi manipulatif dan pandai dalam memanfaatkan orang orang di sekitarnya untuk mendapatkan tujuanya. Seseorang dengan NPD juga memiliki empati yang rendah terhadap orang lain. Bayangkan seberapa beracunya toxic friend yang satu ini

8 karakter diatas adalah karakter yang sebaiknya Anda hindari ketika memilih teman. Tidak hanya untuk memilih teman, Artikel ini juga dapat Anda gunakan sebagai bahan intropeksi diri. Apakah Anda juga termasuk teman beracun atau toxic friend untuk teman atau orang orang yang berada di sekitar anda.

Sebagai Mahluk sosial manusia membutuhkan orang lain untuk berinteraksi dan bersosialisasi. Entah itu hanya untuk sekedar ngobrol atau bertukar pikiran. Teman atau orang orang yang berada di sekitar kita, sangat mempengaruhi pola pikir dan prilaku kita. Pola pikir dan prilaku kita dapat mempengaruhi masa depan. maka sebaiknya filterlah siapa saja yang berada dalam lingkungan terdekat kita. Ketika kita ingin menjadi pebisnis yang sukses maka berteman dan begaulah dengan para pebisnis sukses. Jika anda ingin menjadi orang yang pandai maka bergaulah dengan orang pandai,

“SEBAGIAN MASA DEPAN KAMU TERGANTUNG PADA DENGAN SIAPA KAMU BERGAUL”

-Stephen Covey-

Demikian artikel ini saya tulis supaya dapat menjadi tambahan ilmu dan wawasan untuk Anda semua yang mebacanya.



Leave a Comment