Misteri Kartu Emperor yang Belum Terpecahkan Hingga Sekarang


Home » Blog » Misteri Kartu Emperor yang Belum Terpecahkan Hingga Sekarang

Dari 22 kartu Arcana Mayor yang ada pada Tarot, misteri Kartu Emperor atau the fourth masih menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Kartu satu ini menjadi salah satu kartu utama yang melambangan kekuatan, kejayaan dan idealisme.

Tahukah anda, keberadaan kartu emperor ini menjadi salah satu kekuatan terbesar di dalam tarot itu sendiri. Seperti kita ketahui, kartu Tarot ini diawali dengan The Fool, The Magician, The High Priest, The Empress, The Emperor dan The Hieropant.

Kelima kartu tersebut mewakili angka 0, 1, 2, 3, 4 dan 5. Emperor sendiri menduduki posisi 4 dari total 78 kartu arcana mayor dan minor. Tentu ada alasan kenapa Emperor bisa menempati posisi ini. Mari kita kuak misterinya satu persatu.

Baca Juga: Makna Kartu The Empress

Hubungan The Emperor dengan Perhitungan Kuno di Indonesia

Misteri kartu emperor yang pertama terletak pada hubungannya dengan perhitungan kuno asal negeri ini. Percaya atau tidak, di negeri ini ada sebuah perhitungan yang menarik untuk dibahas. Tak diketahui asal muasal perhitungan ini, namun ada beberapa kesamaan dengan perhitungan tarot itu sendiri.

Pada perhitungan kuno yang bersumber dari konsep “hanacaraka”, ada 5 angka nasib atau karakter orang yakni paria=1, sudra=2, ksatria=3, brahmana=4, dan pandita=5. Yang menarik adalah kata brahmana yang ditempatkan di posisi ke-4, sama seperti pada tarot. 

Tak hanya dari segi angkanya saja, karakteristik dan makna yang terkandung pada kedua perhitungan tersebut juga sama. Begitu juga jika kita membahas tentang hasil kebalikan dari kemunculan kartu Emperor ataupun angka 4.

Brahmana yang merupakan kastanya para raja dan The Emperor disebutkan memiliki kekayaan, kejayaan, harga diri, penghormatan, dan segala hal yang kategorinya tinggi. Padahal jika kita melihat sumbernya, kedua perhitungan atau ramalan ini tidak memiliki kaitan sama sekali. 

Hubungan The Emperor dengan Rasi Bintang Aries

Misteri kartu Emperor lainnya terletak pada hubungannya dengan rasi bintang Aries. Entah kapan hubungan ini bermula, namun ternyata semua pakar tarot percaya kalau The Emperor memiliki kaitan yang sangat erat dengar rasi bintang bersimbol kambing ini.

Banyak orang yang berpendapat kalau sebenarnya The Emperor ini sering dikaitkan dengan Ares, Dewa Langit pada mitos Yunani Kuno. Ares yang merupakan anak Zeus memiliki kekuatan dan kekuasaan yang dahsyat namun akhirnya dihukum oleh Zeus, ayahnya sendiri.

Kalau melihat masa kemunculannya, tarot ini memang mulai dikenal pada masa kejayaan Romawi, karena itulah kebanyakan simbol pada tarot banyak mewakili simbol Kekaisaran Romawi. Kalau melihat dari segi karakteristik, The Emperor dan Ares memang memiliki beberapa kesamaan. 

Karakteristik pertama yang dimiliki oleh kedua nama tersebut adalah kekuasaan, keberanian, kebijaksanaan, idealisme dan kediktatoran. Korelasi antara dua hal ini masih belum terpecahkan hingga sekarang.

Misteri Kartu Emperor dalam Sejarah Romawi

Di dalam kekaisaran suci romawi, ada 4 kaisar pertama yang dianggap bijaksana dan menjadi pendiri awal dari kekaisaran itu sendiri. Nama-nama kaisar tersebut adalah Otto I, Otto II, Otto III, dan Henry II. 

Mereka adalah 4 kaisar pertama dari Kekaisaran Suci Romawi yang berasal dari dinasti Ottonia (Sachsen). Apakah mungkin penempatan angka 4 dari The Emperor berasal dari keempat kaisar tersebut? Bisakah pendapat ini menjadi jawaban dari misteri kartu emperor yang berada pada arcana mayor ke 4?

Ini hanya sebuah pendapat yang memang belum teruji kebenarannya. Tentu hasil akhirnya memerlukan penelitian sejarah yang benar-benar matang dan melibatkan para pakar tarot di dalamnya. Pada masa kekaisaran Romawi suci, justru ada banyak pakar agama yang melarang segala jenis permainan kartu, termasuk Tarot. 

Padahal sebelumnya, penggunaan tarot ini memang diperbolehkan. Bahkan Paus pada zaman tersebut pernah memperkenalkannya secara langsung ke daerah Perancis. Seperti kita ketahui, permainan kartu satu ini berasal dari Italia dengan nama awal Carde da Trionfi. 

Di Perancis, kemudian nama Tionfi atau kartu kejayaan ini berubah menjadi Tarrochi. Mungkin inilah asal muasal nama tarot yang suka kamu mainkan saat ini. Jenis kartu apapun yang kamu mainkan, jangan lupa kalau ini hanyalah sekedar prediksi. 

Kalau memang makna dari kartu tersebut baik, jadikanlah motivasi. Sedangkan kalau prediksi kartu bermakna sebaliknya, jangan terlalu dipikirkan karena tidak ada hal yang mutlak di dunia ini. Begitu juga dengan misteri Kartu Emperor dalam tarot yang sudah kita bahas ini.

Leave a Comment