Hidup dan Bekerja


Home » Blog » Hidup dan Bekerja

Hidup untuk bekerja atau bekerja untuk hidup? Kita itu sebenarnya bekerja untuk apa sih? Kita menghabiskan sebagian waktu dalam kehidupan sehari-hari untuk bekerja, umumnya seseseorang menghabiskan 8 jam atau ¼ dari waktu yang ada untuk bekerja dan sisanya digunakan untuk aktivitas lain dan beristirahat.

Baca juga: PHK Krisis atau Peluang

Kalau dipikir-pikir banyak juga ya waktu yang kita pakai untuk bekerja, tapi seberapa penting sih bekerja itu? Sampai-sampai menghabiskan sebagian dari hidup kita untuk hal tersebut.

Bekerja atau memiliki pekerjaan merupakan sesuatu yang umum dilakukan oleh mereka yang telah mencapai kedewasaan atau dianggap sudah mencapai kemandirian.

Apa itu bekerja?

Bekerja adalah suatu kegiatan yang melibatkan usaha dan upaya seseorang dalam melakukan tugas atau pekerjaan tertentu untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini, bekerja dapat dilakukan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, industri, teknologi, dan lain-lain. Tujuan utama bekerja biasanya untuk mencari nafkah, memenuhi kebutuhan hidup dan mengembangkan serta menerapkan keterampilan dan pengetahuan. 

Mengapa kita harus bekerja?

Dalam masyarakat modern, pekerjaan menjadi salah satu aspek sentral dalam kehidupan kita. Sehingga sangat penting bagi kita untuk bekerja dan memiliki pekerjaan, ada berbagai hal yang mendasari hal tersebut.

  • Untuk memenuhi kebutuhan hidup

Salah satu alasan utama mengapa kita harus bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti sandang, pangan, dan papan. Dengan bekerja, kita dapat memperoleh penghasilan yang memungkinkan kita untuk membeli makanan, tempat tinggal, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Bekerja juga memiliki keuntungan lain, salah satunya yaitu memberikan akses terhadap fasilitas kesehatan, pendidikan, dan keamanan sosial. Oleh karena itu, bekerja menjadi fondasi untuk kehidupan yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan yang esensial.

  • Memberikan rasa identitas dan penghargaan diri

Bekerja atau melakukan suatu pekerjaan dapat membantu kita mengembangkan keterampilan dan bakat yang dimiliki, serta meraih pencapaian yang akan memberikan kepuasan pribadi. Selain itu, dengan bekerja kita dapat memberikan konstribusi pada masyarakat hal ini membuat kita merasa memiliki peran yang berarti dan berguna bagi orang lain. Rasa keterikatan dengan profesi atau pekerjaan tertentu dapat memberikan kebanggaan dan kepuasan psikologis yang tak ternilai.

  • Mengembangkan kepribadian

Bekerja memungkinkan kita untuk tumbuh dan berkembang sebagai individu, karena dalam prosesnya bekerja melibatkan tantangan, pembelajaran dan kesempatan untuk mengasah keterampilan yang dimiliki. Bekerja juga memungkinkan kita untuk mendapatkan pengalaman, belajar beradaptasi terhadap perubahan, mengembangkan potensi, dan kemampuan yang dimiliki. Hal ini juga dapat menjadi media untuk menjalin hubungan sosial, membangun relasi serta mengembangkan pandangan dan perspektif baru.

  • Mengajarkan disiplin dalam hidup

Rutinitas kerja membantu kita mengatur waktu dan energi dengan efektif. Dengan memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan, kita dituntut untuk mengembangkan keterampilan dan belajar mengatur waktu, ketekunan dan rasa tanggung jawab. Hal ini membantu kita membangun kebiasaan (habit) yang baik dan menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Melalui disiplin, kita dapat mencapai tujuan jangka panjang dan konsisten terhadap sesuatu yang dikerjakan.

  • Melatih kemampuan problem solving

Bekerja memberikan kita kesempatan untuk menghadapi tantangan dan mengatasi masalah karena dalam bekerja sering kali melibatkan masalah yang kompleks, situasi yang rumit dan tuntutan yang tinggi. Dalam menghadapi tantangan tersebut, kita dapat mengembangkan resiliensi, keterampilan problem solving serta kemampuan menghadapi tekanan (stress).

  • Ikut berkontribusi dalam masyarakat

Melalui pekerjaan kita dapat berkontribusi dalam memecahkan masalah yang ada di masyarakat, menciptakan inovasi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang telah disepakati. Dengan memberikan kontribusi terhadap kehidupan orang lain dan tujuan yang lebih besar, hal ini akan membuat hidup kita lebih bermakna.

Kehidupan di tempat kerja sering kali dipenuhi dengan berbagai tantangan dan masalah yang dapat mempengaruhi kinerja serta kepuasan pekerja. Beberapa masalah tersebut bisa bersifat pribadi, interpersonal, atau organisasional. Sehingga penting bagi kita untuk mengenali permasalahan yang mungkin timbul dalam pekerjaan:

  1. Stress

Stress adalah salah satu masalah yang dihadapi oleh banyak pekerja. Tekanan dari pekerjaan, beban kerja yang berlebihan, atau permasalahan yang muncul dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi dapat memicu stress. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan psikis seseorang serta kinerjanya di tempat kerja.

2. Konflik interpersonal

Perselisihan yang terjadi dalam lingkungan pekerjaan dapat menjadi masalah yang merusak hubungan kerja yang harmonis dan produktif. Sumber perselisihan atau konflik dapat bermacam-macam seperti perbedaan pendapat dan kepentingan serta masalah komunikasi.

3. Diskriminasi dan pelecehan di tempat kerja

Diskriminasi dan pelecehan di tempat kerja merupakan salah satu masalah serius yang dapat mengancam kesejahteraan dan produktivitas individu. Jika hal ini tidak ditindaklanjuti maka akan menyebabkan ketidaknyamanan yang mengakibatkan menurunnya kinerja dan produktivitas individu.

4. Ketidakseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi

Ketidakseimbangan antara kehidupan kerja dengan kehidupan pribadi sering kali menjadi sumber masalah bagi banyak pekerja. Beban kerja yang berlebihan, jam kerja yang panjang, dan minimnya waktu untuk kegiatan pribadi dan keluarga dapat menimbulkan stress dan ketidakpuasan.

Beberapa masalah mungkin muncul ketika kita bekerja, hal ini tidak dapat dihindari karena dalam prosesnya melibatkan banyak orang sehingga perbedaan pendapat dan perselisihan kerapkali terjadi. Tetapi jika kita memustuskan untuk tidak bekerja karena merasa takut, cemas ,dan tidak mampu menghadapi konflik, hal ini akan menjadi sumber masalah tersendiri bagi kita.

Dampak yang muncul ketika tidak memiliki pekerjaan

  • Masalah keuangan

Salah satu dampak langsung ketika tidak memiliki pekerjaan adalah masalah keuangan. Pekerjaan memberikan penghasilan yang memungkinkan kita untuk memenuhi kebutuhan. Tanpa penghasilan yang stabil, kita akan mengalami kesulitan untuk memenuhi hal tersebut. Hal ini akan menimbulkan stress finansial, hutang dan kesulitan dalam hidup.

  • Hilangnya struktur dan rutinitas

Pekerjaan memberikan struktur dan rutinitas dalam kehidupan sehari-hari. Rencana harian, jadwal kerja dan tanggung jawab yang harus diselesaikan mengajarkan kedisplinan dan keteratutan kepada kita. Tanpa pekerjaan kita akan kehilangan arah dan tujuan dalam hidup.

  • Menurunnya kepuasan pribadi

Pekerjaan memberikan kesempatan untuk meraih sesuatu yang diinginkan dan memberikan kepuasaan pribadi. Ketika tidak bekerja, kita tidak dapat meraih sesuatu yang diinginkan, menerapkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. Hal ini akan menurunkan kepuasaan dan rasa percaya diri yang dimiliki.

  • Rendahnya kesejahteraan psikologis

Dengan bekerja kita dapat berinteraksi dan membangun hubungan sosial dengan orang lain. Minimnya interaksi dengan orang lain ketika tidak bekerja, membuat kita merasa terisolasi dan kesepian, hal ini akan berdampak negatif pasa kesehatan mental.

  • Tidak mampu mengembangkan diri

Bekerja memungkinkan kita untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan potensi yang dimiliki. Dengan bekerja, kita dapat belajar hal baru, mengasah keterampilan yang ada, dan tumbuh menjadi inidvidu yang lebih baik. Tanpa pekerjaan, kita akan kehilangan peluang dan kesempatan untuk mengembangkan diri.

Bekerja merupakan bagian penting dalam hidup kita, meskipun dalam prosesnya kita akan menghadapi berbagai permasalahan. Tetapi jika kita mampu mengenali masalah tersebut dan mengembangkan keterampilan untuk mengatasinya, maka kita akan mencapai sesuatu yang diinginkan dan hidup tanpa penyesalan.

Jika saat ini Anda merasa bingung dan bimbang dalam menghadapi permasalahan yang ada di lingkungan kerja, serta ingin mencari solusi dan strategi untuk mengatasi hal tersebut. Anda dapat menggunakan Bazi untuk mengenali kelemahan dan kelebihan yang dimiliki serta strategi yang tepat mengatasinya. Tetapi jika Anda merasa kesulitan untuk mengungkapkan apa yang dirasakan dan dipikirkan Anda dapat menggunakan media Tarot dan Lenormand.

Ingin tahu lnformasi lengkap kelemahan dan kelebihanmu melalui Bazi dan mencoba untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya Anda pikirkan dan rasakan?
Chat Saya via Whatsapp:

konsultasi tarot online

Follow our social media :

Editor: Sahara

Open chat
1
Scan the code
Halo 👋
Ada yang bisa saya bantu?