The Magician Tarot Nusantara


Home » Blog » The Magician Tarot Nusantara

Sebelum membahas arti kartu the magician dalam tarot Nusantara, sekarang coba pejamkan mata dan bayangkan diri Anda bertemu seorang pesulap dengan segala kelebihan dan kekurangan. Tentu kita semua sepakat bahwa sosok ini merupakan orang yang penuh percaya diri, berpenampilan rapi, memiliki keahlian yang dapat digunakan kapanpun, bahkan dapat melakukan sesuatu yang mustahil dilakukan oleh orang lain.

Baca juga: Arti kartu the fool dalam tarot nusantara

Meskipun apa yang dilakukan merupakan sebuah trik atau tipu muslihat, namun karena kepintarannya ia dapat memberikan kesan yang hebat dan menajubkan bagi orang lain yang melihatnya. Karakter seorang magician dalam tarot nusantara dapat digambarkan sebagai pria ataupun wanita yang memegang tongkat dengan satu tangan, sementara alat-alat lainnya tergeletak diatas meja.

Selain kesan yang digambarkan sebagai sosok yang percaya diri, ia juga terkenal sangat pintar. Namun sayangnya, terkadang ia menggunakan kepintarannya untuk memanipulasi orang lain. Ini terjadi karena dia percaya bahwa dirinya memiliki segudang ide dan kretivitas yang dapat membantunya mengatasi setiap permasalahan.

Kehebatan dan kelebihan yang dimiliki oleh the magician, jika dipergunakan untuk sesuatu yang baik, maka akan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya atau orang lain. Namun, jika kepintaran yang ia miliki digunakan untuk memanipulasi atau menipu orang lain, tentu saja hal ini akan merugikan dirinya dan orang lain disekitarnya.

Makna di balik kartu the magician

Arti sesungguhnya dari kartu the magician dalam tarot nusantara berhubungan dengan kemampuan untuk memanfaatkan setiap sumber daya yang ada pada diri seseorang. Dan ketika kita berusaha untuk memaknai kartu ini, kita harus memahami bahwa hal ini tidak hanya berkaitan dengan kekuasaan dalam bidang tertentu saja, tetapi juga berkaitan dengan kekuasaan absolut atas segala keadaan.

Pada kartu tarot Merseilles, the magician digambarkan sebagai seorang penyihir pada zaman tertentu, yang menghadirkan kesan bahwa sang penyihir melakukan aktivitasnya sebagai seseorang yang memiliki Extra Sensory Perception (ESP) atau biasa disebut dengan kemampuan supranatural. Dengan demikian keahlian sang penyihir lebih pada memanfaatkan dunia supranatural daripada kemampuan umum yang dapat dipelajari siapa saja.

Sedangkan pada kartu tarot The Raider Waite dan Tarot Nusantara, gambaran the magician lebih diperjelas dengan menggambarkan ia sebagai sosok manusia yang memiliki keahlian sebagai pesulap, bukan penyihir. Hal ini diperlihatkan melalui penggambaran empat elemen tradisional yaitu pedang, tongkat, piala/cawan dan koin. Ini memberikan kesan bahwa, apa yang sedang dilakukannya hanya merupakan simbol hakiki sebagai pesulap, baik dari sisi positif maupun negatif.

Dan jika melihat penggambaran dari kartu tarot the thoth, kartu ini secara gamblang digambarkan sebagai pesulap dengan simbol emas pada bagian tubuhnya, sembari tersenyum, dan memiliki sayap berdiri didepan lambing kedokteran. Sementara di tangan kanannya ia memegang tongkat dan ditangan kirinya memegang gulungan papirus. Hal ini merepresentasikan gambaran dasar seorang pesulap yang penuh dengan gaya dan banyak akal.

Banyak orang yang sampai saat ini tidak dapat membedakan antara penyihir dan pesulap, penyihir menggunakan kekuatan supranatural untuk melakukan aksinya, sedangkan pesulap menggunakan suatu trik atau kemampuan tertentu dalam aksinya. Hal yang sangat kontras diantara keduanya yaitu, kemampuan yang dimiliki oleh penyihir hanya dapat dipelajari oleh orang tertentu, sedangkan kemampuan yang dimiliki pesulap dapat dipelajari oleh siapapun.

Kartu the magician memiliki simbol-simbol dengan makna tersendiri didalamnya, apabila kita mampu memaknai simbol terkait, maka kita dapat memaknai kartu ini dengan lebih jelas dan detail. Berikut simbol-simbol yang muncul dalam the magician:

  • Lemniscate

Biasa dikenal dengan simbol angka delapan mendatar, berada tepat diatas kepala sang magician. Arti dari kartu ini sering dikenal dengan simbol sesuatu yang tak terhingga, sesuatu yang tak berujung, dan sesuatu yang tak terbatas. Energi tersebut tidak dapat diciptakan atau dihancurkan, tetapi merupakan energi, hasrat atau dorongan ilmu pengetahuan yang dapat disadari oleh semua orang.

Dengan demikian, kita dapat memahami bahwa setiap energi yang berasal dari pikiran dapat menghasilkan atau melahirkan konsekuensi yang tak terbatas. Ini berarti bentuk kreativitas, imajinasi, dan keyakinan yang tak terbatas dapat memberikan dorongan untuk menghadapi segala sesuatu.

  • Uroboros

Seekor ular yang melingkar pada pinggul sang magician. Ini berkaitan dengan simbol dari sebuah siklus dan pesan akan suatu kekuatan atau energi yang tak terbatas. Simbol ular seringkali mewakili kekuatan dan kekuasaan, karena ular memiliki kesan misterius, licik, berbahaya dan lain-lain.

Hal ini cenderung mirip dengan simbol lemniscate, yang mencoba menyampaikan bahwa, setiap orang memiliki kemampuan atau potensi untuk memanipulasi dan memainkan perannya dalam berbagai bidang. Sederhananya manusia terlahir dengan kemungkinan yang tak terbatas.

  • Empat elemen

Setiap manusia sesungguhnya terlahir dengan berbagai kemampuan dan bakat yang dapat membantu mereka menjalani kehidupan yang telah dipersiapkan untuknya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa setiap orang memiliki media, peralatan dan sumberdaya dalam diri yang dapat digunakan, karena sejatinya alam semesta menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia.

Apa yang coba disampaikan oleh kartu the magician yaitu, manusia sesungguhnya dapat menguasai keempat elemen (pedang, tongkat, piala, dan koin) sebagai media atau alat untuk menjalani kehidupan sekaligus memberi pemahaman bahwa, setiap orang memiliki potensi untuk menjadikan hidupnya lebih baik atau sebaliknya. Manusialah yang menciptakan kehidupannya.

Beberapa tindakan yang dapat diambil

  • Meyakinkan diri sendiri bahwa kita memiliki potensi untuk menjadi sesuatu yang luar biasa, menjadi biasa atau menjadi sesuatu yang berbeda, merupakan pilihan bukan sesuatu yang ditakdirkan. Manusia dilahirkan dengan segala kemungkinan yang tak terbatas, satu-satunya hal yang membatasi seseorang adalah dirinya sendiri.
  • Mengambil sikap atau tindakan yang diperlukan, lahirkan gagasan menjadi kenyataan dan jadikan kreativitas sebagai realitas
  • Menyadari tentang hukuman sebab-akibat, sebelum mengambil suatu tindakan atau sikap. Seseorang harus memahami hukum sebab akibat, apa yang ia lakukan hari ini akan berdampak pada kehidupannya dikemudian hari.
  • Mengenali situasi yang ada, sebelum mengambil suatu sikap lakukan observasi terlebih dahulu. Kenali segala situasi yang terjadi, ada satu pepatah “kenali lawanmu, maka kemenangan berada dihadapanmu”. Lakukan observasi, ambil waktu sejenak untuk mengenali situasi dan kondisi setelah itu ambillah keputusan yang paling sesuai atau cocok dengan situasimu saat ini.
  • Fokus dan tetap berkomitmen. Pada dasarnya memulai sesuatu itu mudah, mengakhiri sesuatu juga terbilang mudah. Hal tersulit untuk dilakukan yaitu bertahan pada pendirian dan konsisten terhadap pilihan. Ingatlah bahwa, konsistensi adalah kunci menuju kesuksesaan.
  • Menciptakan inovasi dan kreativitas. Ciptakan duniamu melalui inovasi dan kreativitas, jangan pernah mencoba untuk membatasi imajinasimu, karena sesungguhnya imajinasi merupakan navigator yang dapat membantumu membuat impian menjadi kenyataan.

Penasaran dengan makna dan intepretasi detail dari kartu the magician? Dan tertarik untuk mencari tahu bagaimana kombinasi dari kartu-kartu tarot dapat membantu mengatasi masalah Anda? Saat ini Anda berada di tempat yang tepat, kami menyediakan layanan konsultasi tarot yang dapat membantu Anda menemukan solusi atas masalah yang dihadapi. Kunjungi website kami.

Tertarik Untuk Melakukan Konsultasi Tarot?
Chat Saya via Whatsapp

konsultasi tarot online

Follow our social media :

Author: Sahara