Intra Personal Adalah


Home » Blog » Intra Personal Adalah

Bentuk komunikasi intra personal adalah bisa dikatakan paling dasar kepada diri sendiri. Jadi, seseorang mempunyai peran ganda yaitu sebagai komunikator sekaligus komunikan, sehingga keduanya terjadi dalam tempo waktu bersamaan.

Skill komunikasi intra personal perlu dimiliki oleh para pemimpin. Sebab, setiap apa yang ingin disampaikan kepada orang lain, terutama khalayak ramai tentu penting dikomunikasikan terlebih dahulu dengan diri sendiri.

Selain untuk meminimalisir kesalahan dalam mengungkapkan sesuatu, juga memastikan ulang bahwa kalimat yang ingin disampaikan sudah tepat. Penjelasan lebih lengkapnya mengenai intra personal akan diuraikan pada pembahasan berikut beserta cara mengasahnya.

Baca Juga : Apa itu Hedon dan Dampak Buruknya Terhadap Diri

Intra personal adalah

Penjelasan Lebih Lengkap Mengenai Intra Personal Adalah

Walaupun intra personal merupakan kemampuan komunikasi kepada diri sendiri, tapi juga bisa terjadi saat bersama dengan orang lain. Salah satu contohnya sebelum mengambil keputusan, diri sendiri akan mencari tahu terlebih dahulu keuntungan beserta kerugiannya.

Bentuk komunikasi satu ini lebih sering dilakukan dibandingkan jenis lainnya dan mempunyai sifat berulang. Ada berbagai tujuan bentuk komunikasi ini dilakukan, salah satunya mengenal diri sendiri serta orang lain.

Perbincangan dengan diri sendiri bisa membantu Anda untuk memahami sikap orang lain sebelum menanggapinya. Bahkan juga bisa melakukan prediksi terhadap kemungkinan yang terjadi atas tindakan orang lain.

Tujuan lainnya dari komunikasi intra personal adalah mengasah pikiran. Skill ini akan berpengaruh terhadap kecepatan dalam berpikir serta merespons lingkungan sekitar. Jadi, kemampuan menganalisis serta menalar lingkungan sekitar menjadi lebih terasah.

Kemampuan ini mencakup beberapa aspek, seperti introspeksi, refleksi, kesadaran diri serta pengendalian sikap internal. Ada berbagai unsur yang berhubungan dengan skill ini, yaitu fleksibilitas, keingintahuan, karakter kuat, pola pikir luas serta ketekunan.

Pentingnya Kemampuan Intra Personal untuk Kesuksesan Berkarir

Intra personal adalah suatu hal yang penting dimiliki, terutama untuk kesuksesan berkarir. Melalui kemampuan ini, Anda dapat bertanggung jawab terhadap sikap serta emosi dengan lebih baik.

Tanpa adanya intra personal yang baik, Anda akan sulit menghadapi permasalahan tidak terduga. Selain itu akan lebih sulit menjaga hubungan baik dengan rekan kerja mengingat adanya perbedaan latar belakang antar setiap anggota.

Beradaptasi dalam lingkup pekerjaan adalah sebuah hal yang harus dilakukan sebagai salah satu upaya mencapai keberhasilan berkarir. Sebab, support dari rekan kerja yang lain juga sangat dibutuhkan.

Kecepatan adaptasi ini juga akan menentukan perkembangan skill saat bekerja. Akan semakin pesat bila dibarengi dengan skill intra personal yang baik. Lebih maksimal bila ditambah skill inter personal atau berinteraksi dengan orang lain yang baik.

Cara Mengasah Kemampuan Intra Personal yang Bisa Dilakukan

Mengasah kemampuan intra personal adalah sebuah hal mudah untuk dilakukan, tapi masih banyak yang belum mengetahui. Ada beberapa cara mengasah skill ini yang bisa Anda coba lakukan, di antaranya:

  1. Membangun Semangat Positif dalam Diri

Metode pertama yaitu membangun semangat positif pada diri sendiri. Tujuannya untuk meningkatkan rasa percaya diri serta keteguhan menghadapi berbagai macam tantangan. Caranya bisa dengan berbicara positif serta memuji diri sendiri atas segala pencapaian.

Tapi, jangan lupa untuk meyakinkan diri terhadap tanggung jawab saat melakukan kesalahan. Bukan berarti mengakui kesalahan itu berarti menyalahkan diri sendiri secara berlebihan.

  • Melakukan Refleksi Diri

Cara lainnya dalam mengasah intra personal adalah meluangkan waktu untuk melakukan refleksi diri. Jadi, pemahaman mengenai diri sendiri menjadi lebih baik. Dampaknya hal-hal yang berhubungan dengan produktivitas dan tantangan bisa dipahami dengan baik.

Saat Anda melakukan identifikasi diri, tindakan untuk mempertahankan hal baik dan memperbaiki hal buruk mengenai bagaimana cara bersikap serta berhubungan dengan orang lain menjadi lebih mudah.

  • Menulis Sebuah jurnal

Mencatat apa yang dirasakan saat melakukan refleksi diri dalam bentuk jurnal sebagai bahan evaluasi juga bisa mengasah skill ini. Bukan hanya mencatat perasaan saja, tapi juga pengalaman serta tujuan yang ingin dicapai.

Sangat cocok bagi Anda yang gemar menuliskan sesuatu. Bahkan pencapaian sekecil apapun itu dapat dicatat pada jurnal sebagai motivasi dan menumbuhkan semangat untuk mencapai hal-hal lainnya.

  • Belajar Menempatkan Diri Bila Berada pada Posisi Orang Lain

Kurangnya kemampuan intra personal adalah sebuah hal yang akan menghambat berbagai langkah ke depan. Salah satu tanda dari kurangnya skill ini yaitu minimnya empati terhadap orang lain.

Rasa empati memang bukanlah hal yang mudah untuk ditumbuhkan. Caranya, Anda bisa belajar untuk menempatkan diri bila berada pada posisi orang lain. Jadi, tidak terbiasa menghakimi dan menjadi lebih memahami alasan mereka melakukan suatu tindakan.

Walaupun bukanlah hal mudah, akan menjadi lebih mudah bisa Anda terbiasa. Bukan hanya memberikan efek positif terhadap diri sendiri saja, tapi juga orang lain. Sebab, orang lain merasa lebih tenang ada seseorang yang mampu memahaminya.

  • Melakukan Konsultasi pada Ahlinya

Cara terakhir mengasah intra personal adalah melakukan konsultasi pada ahli atau pakarnya. Apalagi bila Anda merasa memiliki kendala dalam mengatur emosi atau perasaan serta sikap terhadap orang lain.

Pihak pakar, contohnya terapis akan membantu Anda dalam proses peningkatan kesadaran diri saat berada pada kondisi tertentu, terutama bekerja. Biasanya metode satu ini akan dilakukan sebagai pilihan terakhir saat cara lainnya tidak berhasil.

Sebaiknya saat berkonsultasi dengan terapis, Anda lebih terbuka dalam menyampaikan permasalahan atau kendala yang dihadapi. Tujuannya tidak lain supaya terapis dapat menganalisa permasalahan dan membantu memberikan solusi terbaik.

Bisa disimpulkan bahwa bukan hanya skill berinteraksi dengan orang lain saja yang penting diperhatikan, tapi juga kepada diri sendiri. Kemampuan intra personal adalah sebuah tindakan yang tidak sulit dilakukan dan Anda bisa mencoba untuk mengasahnya.

Follow our social media :