Berani Bersaing Dengan Membangun Percaya Diri


Home » Blog » Berani Bersaing Dengan Membangun Percaya Diri

Memiliki kepercayaan diri adalah modal utama jika kita ingin sukses di dalam karir. Membangun rasa percaya diri, tentu saja menjadi langkah awal, jika kita ingin memiliki rasa percaya diri tersebut. Dengan memiliki kepercayaan diri, tentunya akan membantu menaikan kredibilitas serta trust orang lain terhadap kompetensi yang kita miliki. Dalam menghadapi berbagai tantangan, sering kali kita dihadapkan dengan keraguan dalam diri, apakah kita mampu menyelesaikan tantangan tersebut atau tidak.

Baca juga : Apa itu resiliensi, dan apa manfaatnya

membangun percaya diri

Apa itu membangun percaya diri?

Membangun kepercayaan diri sama halnya dengan menaruh nilai dalam diri atau self-esteem terhadap diri kita sendiri. Self-esteem adalah penilaian atau evaluasi yang seseorang berikan terhadap diri mereka sendiri. Ini mencakup keyakinan tentang nilai, kompetensi, dan keberhasilan diri seseorang. Self-esteem memengaruhi cara seseorang berpikir, merasa, dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari.

Orang dengan self-esteem yang tinggi cenderung memiliki pandangan positif tentang diri mereka sendiri, merasa mampu mengatasi tantangan, dan memiliki kepercayaan diri yang stabil. Di sisi lain, orang dengan self-esteem yang rendah cenderung merasa tidak aman, meragukan kemampuan mereka, dan cenderung menghindari tantangan atau mengalami kesulitan dalam mengatasi masalah. Dengan kata lain, self-esteem adalah gambaran keseluruhan tentang bagaimana seseorang menilai dan merasa tentang diri mereka sendiri.

Hubungan Self-estemm dengan membangun percaya diri

  • Self-Esteem sebagai Fondasi:

Self-esteem, atau penilaian terhadap nilai diri sendiri, menjadi fondasi dari kepercayaan diri seseorang. Orang yang memiliki self-esteem yang tinggi cenderung memiliki kepercayaan diri yang kuat karena mereka merasa percaya akan nilai dan kemampuan mereka.

  • Peran Dalam Pengambilan Keputusan:

Self-esteem memengaruhi cara seseorang menilai diri mereka sendiri, termasuk keyakinan tentang kemampuan mereka untuk mengatasi tantangan. Ketika seseorang memiliki self-esteem yang tinggi, mereka cenderung lebih percaya diri dalam mengambil keputusan dan menghadapi situasi yang menantang.

  • Penguatan Positif:

Meningkatkan self-esteem dapat membantu memperkuat kepercayaan diri seseorang. Ketika seseorang mengakui dan menghargai nilai serta prestasi mereka sendiri, itu dapat menghasilkan perasaan keyakinan dan keberanian untuk mencoba hal-hal baru atau mengatasi rintangan.

  • Siklus Positif atau Negatif:


Self-esteem dan kepercayaan diri dapat membentuk siklus positif atau negatif. Misalnya, ketika seseorang memiliki self-esteem yang tinggi, mereka cenderung memiliki kepercayaan diri yang kuat, yang pada gilirannya dapat meningkatkan self-esteem mereka lebih lanjut. Di sisi lain, self-esteem yang rendah dapat mengarah pada kepercayaan diri yang lemah, yang kemudian dapat menurunkan self-esteem lebih lanjut.

Dengan demikian, membangun kepercayaan diri sering melibatkan peningkatan self-esteem dan sebaliknya. Ini merupakan proses yang berkelanjutan yang membutuhkan pengakuan, penghargaan, dan peningkatan diri yang positif.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

  • Kenali dan Hargai Diri Sendiri

Mulailah dengan mengenali nilai, kelebihan, dan prestasi Anda. Berikan penghargaan pada diri sendiri atas pencapaian, bahkan yang kecil sekalipun.

  • Tantang Pikiran Negatif:

Sadari dan tantang pikiran negatif atau keraguan diri yang mungkin muncul. Gantilah pikiran-pikiran tersebut dengan pemikiran yang lebih positif dan membangun.

  • Atur Tujuan yang Realistis:

Tetapkan tujuan yang dapat dicapai dan ukur kemajuan Anda secara teratur. Mencapai tujuan-tujuan kecil dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda secara bertahap.

  • Berlatihlah Keterampilan Baru:

Keluar dari zona nyaman Anda dan coba hal-hal baru yang menantang. Berlatihlah keterampilan baru dan terus tingkatkan diri Anda.

  • Jaga Penampilan Diri:

Merawat diri secara fisik juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri. Berpakaianlah dengan rapi dan sesuai, jaga kebersihan diri, dan pertahankan pola hidup sehat.

  • Berbicara dengan Jelas dan Tegas:

Berlatihlah berbicara denga n tegas dan jelas. Gunakan bahasa tubuh yang menunjukkan kepercayaan diri, seperti kontak mata yang baik dan postur tubuh yang tegak.

  • Pelajari dari Pengalaman:

Ambil hikmah dari pengalaman-pengalaman baik maupun buruk yang Anda alami. Gunakan pengalaman tersebut sebagai pembelajaran untuk tumbuh dan berkembang.

  • Terima Diri Sendiri dengan Segala Kekurangan: Tetaplah menerima diri Anda apa adanya, termasuk kekurangan dan kelemahan Anda. Fokuslah pada hal-hal yang dapat Anda ubah dan tingkatkan, namun juga pelajari untuk merangkul keunikan Anda.

  • Temui Tantangan dan Hadapi Ketakutan:

Jangan hindari tantangan atau situasi yang menakutkan. Hadapi ketakutan Anda secara langsung dan hadapi tantangan dengan sikap yang positif.

  • Jaga Lingkungan yang Positif:

Hindari lingkungan yang merendahkan atau meragukan diri Anda. Temuilah orang-orang yang mendukung dan menginspirasi Anda.

Author : Mahesri